Laporan Kunjungan VTS
LAPORAN KUNJUNGAN
PELABUHAN PT. ASDP MERAK EKSEKUTIF
Fatur Rahman
TEKNIK KELAUTAN A
180511071012
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebuah kegiatan kunjungan akan membantu mahasiswa untuk
menambah wawasan serta membuka pikiran tentang bagaimana lingkungan saat kerja
nanti dan kegiatan kunjungan juga akan membantu mahasiswa dalam hal
kedisiplinan dan bertanggung jawab, kegiatan ini juga membantu mahasiswa
mengetahui hal-hal baru seperti cara serta tata kerja peralatan-peralatan di
pelabuhan tersebut.
1.2 Tujuan
1. Mengenalkan kondisi terkini dunia kerja kepada mahasiswa
2. Memberikan gambaran aplikasi langsung dari berbagai mata
kuliah
3 Kunjungan Industri Memperluas pengetahuan Mahasiswa
di lingkungan dunia kerja
4. Ajang berbagi informasi terkait sertifikasi yang
diperlukan di dunia kerja
1.3 Waktu dan Tempat
dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019 ke Pelabuhan
Merak yang bertempat di Jl. Raya Merak , Merak, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota
Cilegon, Banten.
BAB II
PEMBAHASAN
Pada kunjungan industry kali ini, Ada bnyak kegiatan yang
menyangkut pada perkembangan teknologi yang berhubung dengan kelautan , diperlihatkan
ada beberapa alat yang berperan penting dalam proses bersandar nya kapal-kapal
di dermaga dan beberapa foto fasilitas bongkat muat. Ada beberapa teknologi dan
alat yang berperan penting dalam
bersandar kapal-kapal di dermaga:
VTS
1.
Apa
itu VTS
VTS
( Vessel Traffic Services ) adalah pelayanan lalu lintas kapal di wilayah yang
ditetapkan yang saling terintegrasi dan dilaksanakan oleh pihak berwenang (
Menteri Perhubungan ) serta dirancang untuk meningkatkan keselamatan kapal,
efisiensi bernavigasi dan menjaga lingkungan yang memiliki kemampuan untuk
berinteraksi dan menanggapi situasi perkembangan lalu lintas kapal di wilayah
VTS dengan menggunakan sarana perangkat radio dan eletronika pelayaran.
Layanan
VTS menyangkut manajemen operasional lalu lintas dan perencanaan pergerakan
kapal di wilayah cakupan VTS. Hal ini bertujuan meningkatkan keselamatan dan
efisiensi bernavigasi. Berdasarkan ketentuan IALA (Internasional Association of
Marine Aids to Navigation and Lighthouse Authorities ), pelayanan VTS
menyediakan informasi seperti identitas, posisi dan informasi lalu lintas di
alur kondisi, cuaca dan bahaya, atau faktor lainnya yang dapat mempengaruhi
perjalanan kapal.
3 layanan yang
disediakan dalam VTS yaitu:
a. Information Service ( INS )
Merupakan pelayanan
untuk menjamin tersedianya informasi penting dalam waktu yang tepat untuk
membantu kapal membuat proses keputusan kenavigasian
b. Navigational Assistance Services ( NAS )
Merupakan suatu layanan
untuk membantu proses pembuatan keputusan kenavigasian diatas kapal khususnya
dalam kesulitan kenavigasian atau keadaan meteorologi atau dalam hal adanya
kelainan atau penyimpangan kenavigasian.
c. Traffic Organisation Services ( TOS )
Merupakan suatu
pelayanan untuk mencegah berkembangnya situasi yang berbahaya dan menyediakan
informasi untuk keselamatan dan efisiensi gerakan lalu lintas kapal dalam
wilayah VTS. Pengaturan lalu lintas tentang perencanaan manuver kapal dan
keterangan-keterangan khusus pada waktu terjadi kemacetan atau bilamana gerakan
angkutan khusus bisa berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas kapal
Persyaratan dan standar
perawatan stasiun VTS tidak luput dari ketentuan internasional mengingat
keberadaan stasiun VTS diatur oleh IALA. Peralatan minimal VTS yang telah
ditentukan terdiri dari AIS, VTS radar, VHF radio, CCTV, penerima data
hidrologi dan meteorologi, ENC, server AIS dan Radar
2.
Fender
di ASDP Ferry Merak
Fender adalah bumper
yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat
ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh
gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan. Fungsi utama dari fender adalah
melindungi kapal/perahu dan struktur tempat berlabuh/dermaga dengan cara
menyerap energi benturan yang terjadi. Penyerapan energi benturan oleh pada
saat terjadi tabrakan / benturan antara kapal dengan kapal, kapal dengan
dermaga atau benturan dengan struktur lainnya akan mengurangi atau menghambat
terjadinya kerusakan-kerusakan yang lebih parah yang tentunya akan membutuhkan
anggaran perbaikan yang jauh lebih besar.
Dibawah ini adalah
contoh fender yang digunakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni
3.
Bollard
di ASDP Ferry Merak
Bollard (Mooring
Bolard,Bolder dan Anchor Bolt), (Tambatan tali Kapal).Sebagai perlengkapan
fasilitas dalam dermaga atau pelabuhan yang memiliki fungsi sebagai penambatan
tali kapal saat kapal berlabuh dan melakukan aktifitas bongkar muat,dsb.
Bollard terbuat dari baja tuang / ferro casting dilengkapi dengan anchor bolt
galvanis/stainless,aplikasi Bollard sendiri ada pada bibir dermaga
Dan berikut ini adalah
jenis Bollard yang digunakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni
4.
Tipe
Kapal Penyeberangan ASDP Ferry Merak
KMP.
SEBUKU, dengan data sebagai berikut .
Kapal penyeberangan
penumpang RORO 5000 GT ini memiliki ukuran utama sebagai berikut:
• Panjang keseluruhan (Loa) : 109,40 m
• Panjang Antara Garis Tegak (Lpp)
: 99,20 m
• Lebar (moulded) (Bmid) : 19,60
m
• Tinggi (moulded) (Hmid) : 5,60
m
• Sarat Air d
: 4,10 m
• Gross Tonnage (GT)
: 5330 GT
• Kecepatan Percobaan (V1)
: 17.00 knot
• Kecepatan Dinas (Vs)
: 15.00 knot
5.
Fasilitas
Bongkar Muat ASDP Ferry Merak
HASIL PEMBAHASAN
Dari semua kegiatan kunjungan tersebut. Kita mengetahui cara
mengoperasikan beberapa kegiatan yang sudah di jelaskan, menambah wawasan dalam praktikum. Dilihat dari
perkembangan alat-alat yang berperan penting sangat efektif dan efisien dalam. Ada
beberapa perkembangan dalam fasilitas pelabuhan, seperti caffe , mall, dll. Demi meningkatan
perkembangan fasilitas pelabuhan dan memanjakan para pengunjung.
KESIMPULAN
Dari penjelasan saya di atas, begitu pentingnya dalam
kunjungan indusrti guna untuk menambah wawasan kita sebagai
mahasiswa/mahasiswi. Dan memanfaatkan ilmu-ilmu yang didapat guna masa depan
kita sebagai pemuda yang berguna bagi bangsa dan Negara.
SARAN
Ada beberapa kekurangan dalam pengoprasian kegiatan, kurang
nya waktu praktik dalam pengoprasian aplikasi semacam vts dll, Dan itu baik nya
itu masih bisa dibantu oleh teori-teori yang didapat. Dan untuk teman-teman
yang ingin mengadakan program kunjungan industry ada baiknya kalian
mempersiapkan semua nya dengan baik, agar semua terlaksana.
Sudah baik sistematikanya, namun akan lebih baik dibuat bab metode yg berisi waktu dan tempat; alat dan bahan.
BalasHapusKemudian subbab Hasil pembahasan diubah menjadi hasil, lalu dinaikkan sebelum pembahasan, sebaiknya membuat situasi tulisan lain sehingga ada daftar pustaka. Dokumentasi yg belum ditampilkan bisa dimasukkan ke dalam lampiran.
terima kasih saranya kak
HapusKeren banget kaaa, tapi aku kurang suka latar belakangnya . Dikarenakan lambang ITLnya jadi gelappp ga kiatan. Hehe
BalasHapusthanks kritik nya , nanti di perbaiki
Hapuskeren bang pengalamanya
BalasHapusterima kasih untuk informasi yang disampaikan, dapat menambah wawasan mengenai pelabuhan merak. menginformasikan sedikit gambaran bekerja di bagian ASDP di Pelabuhan Merak
BalasHapusterharu aku membacanya bang
BalasHapusBagus kak, informatif sekali
BalasHapus