Laporan Kunjungan VTS

LAPORAN KUNJUNGAN
PELABUHAN PT. ASDP MERAK EKSEKUTIF






Fatur Rahman
TEKNIK KELAUTAN A
180511071012







BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sebuah kegiatan kunjungan akan membantu mahasiswa untuk menambah wawasan serta membuka pikiran tentang bagaimana lingkungan saat kerja nanti dan kegiatan kunjungan juga akan membantu mahasiswa dalam hal kedisiplinan dan bertanggung jawab, kegiatan ini juga membantu mahasiswa mengetahui hal-hal baru seperti cara serta tata kerja peralatan-peralatan di pelabuhan tersebut.

1.2 ​Tujuan
1. Mengenalkan kondisi terkini dunia kerja kepada mahasiswa
2. Memberikan gambaran aplikasi langsung dari berbagai mata kuliah
3 Kunjungan Industri Memperluas pengetahuan Mahasiswa di lingkungan dunia kerja
4. Ajang berbagi informasi terkait sertifikasi yang diperlukan di dunia kerja


1.3​ Waktu dan Tempat
dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019 ke Pelabuhan Merak yang bertempat di Jl. Raya Merak , Merak, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. 








BAB II
PEMBAHASAN
Pada kunjungan industry kali ini, Ada bnyak kegiatan yang menyangkut pada perkembangan teknologi yang berhubung dengan kelautan , diperlihatkan ada beberapa alat yang berperan penting dalam proses bersandar nya kapal-kapal di dermaga dan beberapa foto fasilitas bongkat muat. Ada beberapa teknologi dan alat  yang berperan penting dalam bersandar kapal-kapal di dermaga:
VTS

1.     Apa itu VTS

VTS ( Vessel Traffic Services ) adalah pelayanan lalu lintas kapal di wilayah yang ditetapkan yang saling terintegrasi dan dilaksanakan oleh pihak berwenang ( Menteri Perhubungan ) serta dirancang untuk meningkatkan keselamatan kapal, efisiensi bernavigasi dan menjaga lingkungan yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan menanggapi situasi perkembangan lalu lintas kapal di wilayah VTS dengan menggunakan sarana perangkat radio dan eletronika pelayaran.

Layanan VTS menyangkut manajemen operasional lalu lintas dan perencanaan pergerakan kapal di wilayah cakupan VTS. Hal ini bertujuan meningkatkan keselamatan dan efisiensi bernavigasi. Berdasarkan ketentuan IALA (Internasional Association of Marine Aids to Navigation and Lighthouse Authorities ), pelayanan VTS menyediakan informasi seperti identitas, posisi dan informasi lalu lintas di alur kondisi, cuaca dan bahaya, atau faktor lainnya yang dapat mempengaruhi perjalanan kapal.

3 layanan yang disediakan dalam VTS yaitu:
a.  Information Service ( INS )
Merupakan pelayanan untuk menjamin tersedianya informasi penting dalam waktu yang tepat untuk membantu kapal membuat proses keputusan kenavigasian
b.  Navigational Assistance Services ( NAS )
Merupakan suatu layanan untuk membantu proses pembuatan keputusan kenavigasian diatas kapal khususnya dalam kesulitan kenavigasian atau keadaan meteorologi atau dalam hal adanya kelainan atau penyimpangan kenavigasian.
c.  Traffic Organisation Services ( TOS )
Merupakan suatu pelayanan untuk mencegah berkembangnya situasi yang berbahaya dan menyediakan informasi untuk keselamatan dan efisiensi gerakan lalu lintas kapal dalam wilayah VTS. Pengaturan lalu lintas tentang perencanaan manuver kapal dan keterangan-keterangan khusus pada waktu terjadi kemacetan atau bilamana gerakan angkutan khusus bisa berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas kapal

Persyaratan dan standar perawatan stasiun VTS tidak luput dari ketentuan internasional mengingat keberadaan stasiun VTS diatur oleh IALA. Peralatan minimal VTS yang telah ditentukan terdiri dari AIS, VTS radar, VHF radio, CCTV, penerima data hidrologi dan meteorologi, ENC, server AIS dan Radar
2.     Fender di ASDP Ferry Merak

Fender adalah bumper yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan. Fungsi utama dari fender adalah melindungi kapal/perahu dan struktur tempat berlabuh/dermaga dengan cara menyerap energi benturan yang terjadi. Penyerapan energi benturan oleh pada saat terjadi tabrakan / benturan antara kapal dengan kapal, kapal dengan dermaga atau benturan dengan struktur lainnya akan mengurangi atau menghambat terjadinya kerusakan-kerusakan yang lebih parah yang tentunya akan membutuhkan anggaran perbaikan yang jauh lebih besar.
 
Dibawah ini adalah contoh fender yang digunakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni




3.     Bollard di ASDP Ferry Merak

Bollard (Mooring Bolard,Bolder dan Anchor Bolt), (Tambatan tali Kapal).Sebagai perlengkapan fasilitas dalam dermaga atau pelabuhan yang memiliki fungsi sebagai penambatan tali kapal saat kapal berlabuh dan melakukan aktifitas bongkar muat,dsb. Bollard terbuat dari baja tuang / ferro casting dilengkapi dengan anchor bolt galvanis/stainless,aplikasi Bollard sendiri ada pada bibir dermaga

Dan berikut ini adalah jenis Bollard yang digunakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni




4.     Tipe Kapal Penyeberangan ASDP Ferry Merak

KMP. SEBUKU, dengan data sebagai berikut .
Kapal penyeberangan penumpang RORO 5000 GT ini memiliki ukuran utama sebagai berikut:

    Panjang keseluruhan         (Loa)    : 109,40 m
    Panjang Antara Garis Tegak     (Lpp)    : 99,20     m
    Lebar (moulded)        (Bmid)    : 19,60    m
    Tinggi (moulded)        (Hmid)    : 5,60    m
    Sarat Air            d    : 4,10    m
    Gross Tonnage         (GT)    : 5330    GT
    Kecepatan Percobaan     (V1)    : 17.00    knot
    Kecepatan Dinas        (Vs)    : 15.00    knot








5.     Fasilitas Bongkar Muat ASDP Ferry Merak









HASIL PEMBAHASAN
Dari semua kegiatan kunjungan tersebut. Kita mengetahui cara mengoperasikan beberapa kegiatan yang sudah di jelaskan,  menambah wawasan dalam praktikum. Dilihat dari perkembangan alat-alat yang berperan penting sangat efektif dan efisien dalam. Ada beberapa perkembangan dalam fasilitas pelabuhan, seperti  caffe , mall, dll. Demi meningkatan perkembangan fasilitas pelabuhan dan memanjakan para pengunjung.

KESIMPULAN
Dari penjelasan saya di atas, begitu pentingnya dalam kunjungan indusrti guna untuk menambah wawasan kita sebagai mahasiswa/mahasiswi. Dan memanfaatkan ilmu-ilmu yang didapat guna masa depan kita sebagai pemuda yang berguna bagi bangsa dan Negara.

SARAN
Ada beberapa kekurangan dalam pengoprasian kegiatan, kurang nya waktu praktik dalam pengoprasian aplikasi semacam vts dll, Dan itu baik nya itu masih bisa dibantu oleh teori-teori yang didapat. Dan untuk teman-teman yang ingin mengadakan program kunjungan industry ada baiknya kalian mempersiapkan semua nya dengan baik, agar semua terlaksana.

Komentar

  1. Sudah baik sistematikanya, namun akan lebih baik dibuat bab metode yg berisi waktu dan tempat; alat dan bahan.
    Kemudian subbab Hasil pembahasan diubah menjadi hasil, lalu dinaikkan sebelum pembahasan, sebaiknya membuat situasi tulisan lain sehingga ada daftar pustaka. Dokumentasi yg belum ditampilkan bisa dimasukkan ke dalam lampiran.

    BalasHapus
  2. Keren banget kaaa, tapi aku kurang suka latar belakangnya . Dikarenakan lambang ITLnya jadi gelappp ga kiatan. Hehe

    BalasHapus
  3. terima kasih untuk informasi yang disampaikan, dapat menambah wawasan mengenai pelabuhan merak. menginformasikan sedikit gambaran bekerja di bagian ASDP di Pelabuhan Merak

    BalasHapus

Posting Komentar